Beberapa Faktor keberhasilan budidaya lalat BSF Black Soldier Flies dalam kandang

Kandang Black Soldier Flies
                Merupakan tempat untuk perawatan Lalat Tentara Hitam atau yang sering disebut BSF ,  dalam pembuatannya diperlukan perencanaan yang matang sebelum ditempati oleh lalat BSF sendiri.
Dalam pembuatan kandang lalat bsf sendiri, kita harus bisa memperhitungkan berapa luas kandang yang akan kita buat . Karena apabila kandang terlalu luas maka proses perkawinan(mating) lalat jantan dan betina akan mendapat dampak yang signigikan yangakan berimbas pada quantity telur yang didapat. Hal ini dikarenakan lalat BSF akan terbang untuk menangkap sang pasangan, apabila kandang terlalu luas maka volume bertemunya lalat jantandan betina akan berkurang yang berakibat gagalnya proses perkawinan.  Sedangkan apabila kandang terlalu sempit maka kekurangan ruang bergerak bagi lalat juga dapat mempengaruhi proses perkawinan,  hal ini dikarenakan adanya stress pada lalat yang tidak bisa bergerak bebas karena sempitnya kandang untuk terbang bebas.
Selain ukuran kandang yang ideal, diperlukan juga komponen tambahan yang turut andil mendukung keberlangsunganhidup lalat BSF .





                POHON/TANAMAN merupakan salah satu fitur pendukung dalam keberlangsungan hidup lalat BSF, selain fungai pohon yang dapat memberikan asupan OKSIGEN bagi kehidupan. Pohon(tanaman) juga berguna bagi lalat BSF untuk hinggap dan mendapat asupan makanan yang cukup untuk menunjang keberlangaungan hidupnya. Selain tersebut pohon juga digunakan lalat BsF untuk hinggap ketika proses mating(perkawinan) lalat BSF , pohon juga digunakan sebagai tempatberteduh bagai lalat BsF dari teriknya mataharidan hujan juga sebagai tempat berlindung dari predator bagi mereka.



                Jika kita sudah memperhitungkan dan membuat rumah kandang BSF juga memberikan tempat berlindung dengan pohon untuk BSF , ada satu lagi yang menjadi inti dari setiap kegagalan perawatan lalat BSF. Yaitu AIR, air disini digunakan sebagai sumber tenaga bagi lalat BSF . Karena dalam masa hidupnya yang singkat kurang dari 2week , lalat BSF tidak mengkonsumsi makanan seperti lalat lalat lain pada umumnya melainkan dengan meminum air . Maka dari itu akir disini sangat diperlukan untuk mendukung kebutuhan pakan bagi lalat BSF sesuaikan waktu pemberian minum bagi lalat BSF dengan cuaca , jika cuaca panas extrim berikan minum secara rutin setiap 2-3jam sekali agar membuat lalat BSF menjadi tidak terlalu kepanasan dan kehausan.




Itu tadi merupakan faktor penting dalam keberhasilan budidaya lalat BSF dalam kandang, nantikan artikel selanjutnya .
Sank yu
https://youtu.be/VzxFUX9mbdA

Comments